Loading
slide1 slide2

Bertempur Melawan Jerawat

Unknown | Jumat, Oktober 25, 2013 |
Kulit berjerawat sering kali mengganggu kecantikan kulit. Baru muncul satu jerawat aja, udah bikin sewot sepanjang hari...hehe..makanya kali ini, saya ingin sekali membahasnya.
Ladies, taukah gimana proses terbentuknya jerawat? Ternyata, sebelum muncul dikulit, sang jerawat melewati beberapa proses.
Trilogi Pembentukan Jerawat:

1. Whiteheads
Pengeluaran minyak yang berlebihan akan menyumbat pori-pori. White heads tersebut adalah cikal bakal munculnya jerawat.

2. Blackheads
Apabila anda tidak membuang whiteheads yang muncul, maka akan teroksidasi dan rusak terkena sinar matahari dan berubah menjadi blackheads.

3. Jerawat
Ketika minyak yang tersumbat ada di pori-pori bercampur dengan corneum tidak segera dihilangkan, maka akan terinfeksi bakteri dan menjadi radang. Folikel rambut akan membengkak dan jerawat radang terbentuk. pada kasus yang berat pembentukan nanah bisa terjadi.

Apa aja sih yang bisa menyebabkan Jerawat? Ternyata ada 5 penyebab utama pembentukan jerawat.

1. Corneum Yang Terlalu Tebal
Kulit berminyak cenderung memiliki corneum yang terlalu tebal. Menyebabkan kelenjar sabaceous tersumbat dan mengarah kepada pembengkakan folikel rambut, whitehead, bintik dan jerawat.

2. Minyak Yang Berlebihan
Pengeluaran minyak yang berlebihan biasanya disebabkan oleh hormon pria atau androgen pada tahap awal remaja. ketidak seimbangan hormon setelah pubertas juga dapat menyebabkan pengeluaran minyak yang berlebih. Seain itu pembersihan wajah yang kurang cermat juga bisa menyebabkan jerawat.

3. Pertumbuhan Bakteri
Folikel Rambut yang tersumbat menghentikan peredaran oksigen dan meningkatkan pertumbuhan bakteri anaerob (bakteri yang tidak menyukai oksigen) misal streptococi. Bakteri_bakteri tersebut hidup dan memakan minyak dan berkembang biak dengan cara membuat folikel rambut semakin meradang dan terbentuklah jerawat.

4. Penumpukan zat racun (toksin)
Ketika hati tidak berfungsi dengan baik sebagai penetralisir toksin, kulit akan mengelarkan lebih banyak toksin, misal toksin empedu yang bisa menyebabkan jerawat.

5. Faktor Keturunan
Jika keluarga anda memiliki masalah kulit, maka kemungkinan besar anda akan mengalami hal yang sama.

Ada beberapa tips yang berguna untuk mencegah timbulnya jerawat.

1. Jangan terlalu sering menyentuh kulit anda dengan tangan.
2. Jaga selalu kebersihan sprei dan sarung bantal anda. Jemur dibawah sinar matahari adalah cara yang tepat untuk membunuh bakteri.
3. Kurangi makan makanan manis dan berminyak
4. Olah raga 3 menit tiap hari untuk menjaga kesegaran kulit.
5. Sering mengkonsumsi makanan cepat saji, bisa menyebabkan sembelit, yang merupakan penyebab lain dari jerawat.
6. Terapkan pola makan seimbang. Perbanyak makan sayur dan buah.
7. Stress bisa menyebabkan pengeluaran minyak yang berlebih. kebahagian dan keceriaan dapat mencegah jerawat
8. Tidur terlalu malam menyebabkan kulit tidak bisa bekerja dengan baik. sesibuk apapun anda usahakan untuk tidur paling lambat jam 10 setiap malamnya.
9. Pembesihan  wajah merupakan langkah awal menuju kulit segar berseri. lakuakan 2 kali sehari. pembersihan yang berlebihan akan mengurangi kelembaban alami kulit. Dan pilih pembersih yang sesuai untuk kulit anda.
10.Bersihkan wajah dari riasan wajah dan tabir surya sebeum tidur mencegah penyumbatan pori yang bisa menyebabkan peradangan.
lakukan tips ini ya ladies...dan dapatkan kulot yang segar berseri, amiin                   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...